23 September 2024

Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kampar Lakukan Peninjauan dan Pembinaan Ke Rumah Batik Muara Takus Bangkinang.


Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kampar Lakukan Peninjauan dan Pembinaan Ke Rumah Batik Muara Takus Bangkinang. . 
8314 views

Bangkinang Kota - Ketua Dekranasda Kabupaten Kampar drg Yusi Prastiningsih, MM beserta anggota Dekranasda Kabupaten Kampar Lakukan Peninjauan dan Pembinaan Ke Rumah Batik Muara Takus Bangkinang Kabupaten Kampar di jalan letnan boyak Bangkinang , Kamis 15/06/2023.

Rumah Batik Muara Takus yang di pimpin oleh Hj.Lasvita Siahaan ini sudah berdiri dari 4 (empat tahun yang lalu dan Para pengrajinnya berasal dari pengrajin batik yg dilatih pada diklat yang bekerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kampar dengan Balai Diklat Industri (BDI) Padang. 

Pada kesempatan tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Kampar drg Yusi Prastiningsih, MM melihat dan mempraktekkan secara lansung prises pembuata batik di rumah batik muara takus. 

"Motif - motif batiknya sangat menarik, untukiti mari sama - sama kita promosikan batik kampar ini agar lebih di kenal orang banyak, saya yakin ini pasti banyak peminatnya". Kata drg Yusi

drg Yusi juga berpesan kepada pimpinan rumah batik untuk mengurus Hak Cipta atau mempatenkan motif - motif  batik Kampar. 

Terakhir drg Yusi Prastiningsih berpesan kepada para pengrajin batik untuk selalu semangat mengembangkan bakatnya dan jangan malas malas untuk membagi ilmunya kepada masyarakat kabukaten kampar lain yang ingin mempelajari batik. 

Sementara itu Melalui wawancara via telepon, pimpinan Rumah Batik Muara Takus Ibu Hj.Lasvita Masih banyak yg perlu di tingkatkan seperti dari segi produk baik itu varian motif,pewarnaan maupun dari segi pemasaran. 

"Untuk itu kami minta support dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar untuk rumah batik yang ada di kabupaten kampar".Tambahnya 

Ia juga mengatakan Rumah Batik Muara Takus ini sudah tersedia berbagai macam motif Batik Kampar dan juga berbagai jenis bahan kain dasar, ada katun, ada dari dasar kain viscoae dan ada dari dobby. 

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kampar Hambali SE,MBA,MH melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan IKM Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kampar yaitu Agusni Mariani atau yang akrab dipanggil dengan Anggun ini mengharapkan agar semua Rumah Batik yang  ada di Kabupaten Kampar ini segera melengkapi semua legalitas untuk kelembagaan Rumah Batiknya,kemudian agar Rumah Batik Kampar ini melengkapi jenis Batiknya ,tidak hanya Batik Cap tapi juga ada Jenis Batik Tulis atau yang lainnya. 

Untuk di ketahu Mulai dari terbentuk sampai sekarang Rumah Batik Muara Takus ini merupakan Binaan Dekranasda Kabupaten Kampar. (Diskominfo Kampar)

Artikel Terkait