23 Oktober 2024

Tingkatkan Ketahanan Pangan Hewani, Pj Bupati Kampar Lakukan Panen Ikan Jelawat Di Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara.


Pj Bupati Kampar Lakukan Panen Ikan Jelawat Di Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara.
9148 views

Kampar Utara - Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan Hewani, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM Melakukan Panen Ikan Lomak (Ikan Jelawat) bersmaa Masyarakat di Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara, Selasa (13/6/2023).

Tampak Hadir, Kepala Dinas Perikanan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Zulfahmi, S. Pi, Camat Kampar Utara Riska Jonita,  S. STP, M. Si, Kepala Desa Sawah Edi Wiranata dan seluruh Kepala OPD serta Ninik Mamak tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutannya, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM mengatakan bahwa Ahamdulillah Kepada kita semua, saya sangat senang sekali melihat camat Kampar Utara dan kades Sawah serta masyarakat kampar utara sangat bersemangat dalam panen serta membudidayakan ikan ini.

“Ini sangat bagus, karena mengoptimalisasi lahan tidur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di desa sawah.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan,  kegiataan ini harus dicontoh dan disamapikan kedesa-desa lainnya karna ini bisa membantu masyarakat karna stunting di Kabupaten Kampar terdapat sebanyak 642 orang, dengan adanya program serta inovasi dari desa atau dari kecamatan ini bisa mengurangi stunting kita di kabupaten Kampar, kalau bisa Nol Stunting. 
 
“Stunting 642 ini saya berharap bisa teratasi , maka dari itu, desa-desa yang ada dikanupten kampar ini lakukanlah upaya-upaya yang bermanfaat untuk masyarakat dan dibagikan dengan tepat sasaran, sehingga masyarakat bisa merasakan Program-Program ini Bukti nyata Pemerintah tidak diam untuk kesejahteraan masyarakat dikabupaten Kampar khususnya dikecamatan Kampar Utara.“Ungkapnya.”

“Saya berharap ini dapat dilanjutkan dan terus bersemangat dalam rangka untuk bagaimana bisa menstabikan angka inflasi juga.”

Ia juga mengatakan, Saya melihat ditahun 2022 ada 14 desa mandiri, jadi saya berharap ditahun 2023 ini bisa bertahap menjadi desa mandiiri semua, inovasi-inovasi yang didukung oleh masyarakat inilah yang membuat desa itu menjadi mandiri.

“Harapan kami acara pada sore ini warga yang ada disesa sawah dapat Menikmati hasil panen Ikan Jelawat ini, dan saya yakin dengan adanya seperti ini masyarakat sealu bersemangat untuk melanjutkan program ini, karna program ini juga dibagikan untuk masyarakat di Desa sawah Kecamatan Kampar Utara.”tutupnya.”

Dalam hal tersebut, Camat Kampar Utara Riska Jonita, S.STP mengatakan bahwa saya mengapresiasi atas kehadiran bapak Pj Bupati Kampar yang berkenan hadir ditengah masyarakat desa sawah kecamatan Kampar utara dalam rangka Panen Budidaya Ikan jelawat.

“Kegiatan pada hari ini salah satu inovasi kecamatan kampar utara, yang mana program ini merupakan dari dana Desa dari Pembibitan serta Pakannya.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, didesa Sawah kami bangun komitmen untuk menggunakan dana ketahanan pangan untuk mengoptimasisasi lahan tidur yang ada di Kecamatan Kampar Utara.

“Lahan tidur ini sudah kami optimalisasi dan berkordinasi dengan Bapak Syahrul Aidi Ma’azat yang mana lahan tidur di Kecmaatan Kampar utara ini lebih kurang 30 Hektar.

“Maka dari itu Optimalisasi lahan tidur ini sudah dikordinasi semoga ini dapat terealisasikan untuk kepentingan masyarakat Kampar utara.”ungkapnya.”

“Untuk itu saya sampaikan kepada Bapak Pj Bupati Kampar Panen kita hari ini 6.7 Ton dengan lebih kurang 1.300 ekor ikan alhamdulilalh berhasil atas kerja keras masyarkaat desa sawah, semoga ini berlanjut kedepnnya dan masyarakat tetap selalu bekerja keras demi kesejahteraan masyarakat bersama.”tutupnya.”

Dalam hal tesebut, Kades Sawah mengatakan Kami mengucapkan ribuan terimaksih kepada dinas PMD, Camat Kampar Utara, PUC dan pendamping lokal desa, dengan hasil kordinasi dan sinergi kegiatan ini telah dilaksanakan kami mengucapkan terimakasih.

“Ikan jelawat ini merupakan program desa dari kecamatan kampar utara, dengan bersemangatnya masyarakat maka mendapatkan hasil yang baik, seperti yang kita lakukan panen ikan hari ini.”ungkqpnya.”

Ia juga mengatakan, tujuan kegiatan ini merupakan supaya dapat mencapai ketahaan pangan dan mencapai gizi untuk masyarakat, dan membudidayakaan ikan didesa sawah serta meningkatkan ekonomi kasyarakat desa sawah.

“Untuk itu, terimakasih dari pihak semua tas kerja sama ini kita dapatkan hasil yang baik sehingga bisa dirasakan dan dibagikan oleh masyarkaat desa sawah.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, Hari ini kita dapat panen 1.5 kilo bobot per ekor ikan , ini sangat luar biasa untuk pekerja pekerja yang berusaha selalu untuk mengoptimalisasi lahan tidur contoh nya membudidayakan ikan Jelawat ini.”tutupnya.

Akhir acara tersebut, Pj Bupati Kampar Melakukan Panen Ikan Jelawat bersama seluruh masyarakat dan Kepala OPD serta Forkopimcam kampar Utara. (DiskominfoKampar/IsN).

Artikel Terkait