21 Mei 2024

Wakili Pj Bupati Kampar, Ardi Mardiansyah Hadiri Pembukaan Musrenbangnas 2024.Jokowi: Penyambung Agenda Pemerintah Pusat hingga Daerah


2537 views

JAKARTA - Pj Bupati Kampar yang di wakili oleh Kepala Bappeda Kab. Kampar Ardi Mardiansyah S.STP M.Si menghadiri Seremoni Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 yang diadakan oleh Kementerian PPN/Bappenas. 

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin hadir dan membuka langsung Musrenbangnas 2024 ini yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Senin, 6/5/2024.

Joko Widodo berharap agar Musrenbangnas 2024 yang diselenggarakan oleh Bappenas RI menjadi sekrup penyambung agenda pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah. 

Oleh sebab itu, Jokowi meminta agar penyusunan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 yang mengusung tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan harus berdasarkan beberapa prinsip.

Jokowi menegaskan, prinsip yang pertama yakni programnya harus inline, harus seirama. Jangan sampai pusat ke kanan, dan daerah malah ke kiri.

"Semuanya harus inline, harus seirama. Misalnya pusat ingin meningkatkan produksi pangan, daerah malah mengubah potensi sawah menjadi properti, ini gak sinkron," kata Jokowi, saat pembukaan Musrenbangnas 

Jokowi juga meminta agar program yang dibuat harus berorientasi pada hasil, dan berdampak pada ekonomi. Oleh sebab itu, rencana program yang dijalankan harus fokus, dan harus mementingkan skala prioritas mana yang ingin dijalankan. 

"Jangan sampai bolak-balik, anggaran kepala  dinas semuanya diberi. Nggak ada skala prioritas, gak jelas," ujarnya. 

Selanjutnya, Jokowi juga meminta agar program yang disusun dalam Musrenbangnas 2024 ini harus tepat sasaran dan strategis. Artinya APBD maupun APBN itu betul-betul manfaatnya kelihatan, karena tepat sasaran.

Ia juga mengaskan jangan sampai prioritas seperti anggaran untuk stunting, untuk ke puskesmas, akan tetapi tidak diprioritaskan untuk hal yang diperlukan itu. 

"Saya berharap musrenbang ini bisa menjadi sekrup penyambung agenda pembangunan pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Agar semuanya inline, semuanya seirama, tepat sasaran dan nanti hasilnya betul-betul dirasakan oleh rakyat," tutup Jokowi.

Acara ini bakal digelar selama dua sesi. Jokowi dan Ma'ruf hadir pada sesi pertama. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan memberi arahan pada sesi kedua. 

Turut hadir Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan sejumlah pejabat daerah lainnya.(Diskominfosandikampar)

Artikel Terkait