21 Mei 2024

Pj Bupati Kampar Hadiri Gebyar BBI, BBWI Dan Lancang Kuning Carnival, Hambali : “Ini perhelatan yang hebat”


1530 views

Pekanbaru, Gebyar Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dan Lancang Kuning Carnival, mulai digelar hari ini 3 hingga 5 Mei 2024. Lokasinya pusatkan di halaman Kantor Gubernur Riau. Jum'at. 3/5/24

Ikut menghadiri dan berpartisipasi dalam acara pembukaan BBI, BBWI dan Lancang Kuning Carnival 2024 ini, Pj. Bupati Kampar Hambali, SE, MH yang didampingi langsung oleh Pj. Kerua TP. PKK Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali, serta seluruh Pimpinan OPD di Lingkunngan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Pj Bupati Kampar juga ikut serta melakukan Fashion Show bersama Kepala Daerah lainnya dengan memperagakan pakaian khas Kampar.

Seperti diketahui bahwa dipilihnya Riau sebagai tuan rumah penyelenggaraan event tersebut, karena provinsi berjuluk Negeri Lancang Kuning ini memiliki peluang besar pada industri UMKM dan sektor pariwisata khasnya.

Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dalam sambutannya mengatakan  setelah sukses melaksanakan kegiatan BBI/BBWI tahun 2023 lalu, tahun ini Pemerintah Provminsi Riau kembali dipercaya untuk melaksakan kegiatan serupa. Namun, agar lebih menarik, Pemprov Riau tahun ini mengemasnya dengan kegiatan Lancang Kuning Carnival 2024.

“Kegiatan ini dibuat sebagai bentuk pemilihan ekonomi, Karena itu dibuat gerakan cinta produk Indonesia dan berwisata di Indonesia. Tahun lalu, dari kegiatan tersebut berhasil mencatatkan transaksi mencapai Rp 63 miliar, dan berdasarkan kesuksesan tersebut, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya melaksakan kegiatan serupa dengan harapan mendapat transaksi melebihi tahun lalu.”tutur Hariyanto

Sebelum malam Opening Ceremony digelar, pada sore harinya Pj. Gubernur Riau telah melepas Pawai Karnival dan Pawai Budaya di halaman Kantor Gubernur Riau.

Acara akbar ini juga dihadiri Menteri Perhubungan RI  yang mengikuti rangkaian acara Lancang Kuning Carnival yang menyajikan berbagai hiburan, yakni musik, tari, dan pameran ekonomi kreatif atau ekraf. Gigi Band, Four Twenty, Virgoun, Astrid Tiar, Angel Karamoy, dan Berliana Lovel yang khusus sebagai penghibur masyarakat yang hadir.

Berdasarkan keterangan panitia pelaksana, pada spesial event ini ada tari massal, melibatkan 10.000 peserta, Art performance, CFD event, mini stage event, dan fun market. Berbagai lomba juga bakal ikut meramaikan acara ini, di antaranya lomba foto, lomba mewarnai, moslem trendy, dan fashion recycle. 

Untuk tarian serentak melayu yang diikuti oleh 10.000 penari langsung mendapat Rekor Muri Indonesia dan diterima langsung oleh Pj. Gubernur Riau.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pawai budaya, artware carnival, Riau Community carnival, Pesona Wastra Nusantara, Historical, Ultra Glam, dan Beyond Culture. 

Pj. Bupati Kampar sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini yang ditaja oleh Pemerintah Provinai Riau 

"Perhelatan ini sebuah acara hebat, dengan persiapan yang matang sehingga mampu menyajikan suguhan acara yang spektakuler" demikian Hambali berikan tanggapannya sembari lontarkan senyum.

Hambali menjelaskan bahwa Gebyar BBI sendiri terdapat 123 stan UMKM yang disiapkan Pemerintah Provinsi Riau. Stan bazar tersebut gratis untuk UMKM berdasarkan hasil seleksi. 

Ada ratusan UMKM yang bakal meramaikan Gebyar Gernas BBI BBWI itu. Sebelumnya, sebanyak 1.400 UMKM mendaftar melalui link yang disiapkan panitia. Namun, hanya 300 UMKM yang lulus seleksi. UMKM yang ditentukan ada tiga kategori, yakni fashion, herbal dan pangan (basah dan kering). 

"Semoga Kabupaten Kampar dimasa mendatang bisa mengadakan event sehebat ini sehingga dapat memperkenalkan Kabupaten Kampar secara nasional.”ujar Hambali.(Diskominfo/EMS)

Artikel Terkait