05 Mei 2024

Pj Bupati Kampar Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII Di Kota Surabaya


1808 views

SURABAYA - Pj Bupati Kampar H. Hambali, SE.MBA,MH menghadiri upacara peringatan hari otonomi daerah ke XXVIII tahun 2024 di Kota Surabaya yang bertempat di Halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).yang diikuti oleh seluruh Gubernur se Indonesia dan Bupati/Walikota se Indonesia.

Dalam  upacara peringatan hari otonomi daerah ke XXVIII ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai inspektur upacara, selaku perwira upacara Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie dan komandan upacara Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

Dalam amanatnya, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan ucapan selamat memperingati hari otonomi daerah ke XXVIII tahun 2024 yang dipusatkan di Kota Surabaya dengan mengangkat tema "Otonomi daerah berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat".

Sesuai yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, otonomi daerah merupakan landasan hukum bagi daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam taraf kepentingan masyarakat.

Dijelaskannya, Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945. 

Dalam konteks ekonomi hijau sesuai dengan tema dalam peringatan hari otonomi daerah ini yang merupakan salah satu dari enam strategi transformasi ekonomi Indonesia untuk mencapai visi 2045, kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan, termasuk melalui transformasi produk unggulan dari yang semula berbasis produk yang tidak dapat diperbaharui seperti industri pengolahan pertambangan, menjadi produk dan jasa yang diperbaharui dengan tetap memperhatikan potensi daerah, seperti pertanian, kelautan dan pariwisata. 

Ditambakan Tito Karnavian, para pemangku kepentingan, baik dari pemerintah pusat maupun daerah, akan turut serta dalam menggali berbagai solusi dan inovasi dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.


Sementara itu, Pj Bupati Kampar H. Hambali, SE.MBA.MH usai mengikuti upacara peringatan hari otonomi daerah ke XXVIII menyampaikan bahwa hari ini kita melakukan upacara peringatan hari otonomi daerah ke XXVIII tahun 2024 di Kota Surabaya yang diikuti oleh seluruh Gubernur se Indonesia, Bupati/Walikota se Indonesia dan setiap Pemerintah Daerah Kabupaten /Kota juga memperingati upacara ini di daerah masing masing.

Pada tahun 2024 ini, peringatan hari otonomi daerah ke XXVIII  mengusungkan tema "Otonomi daerah berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat".

Dengan peringatan ini, diharapkan menjadi momentum bagi seluruh unsur pemerintah untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tidak hanya itu, momen ini juga diharapkan agar dapat membangun pemerintahan daerah yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Dalam kegaiatan ini, Mendagri Tito Karnavian memberikan penganugrahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada 15 orang Kepala Daerah dari Presiden Republik Indonesia. (Diskominfo Kampar).

Artikel Terkait