21 Mei 2024

Bunda Paud Kabupaten Kampar Buka Sosialisasi Transisi PAUD Ke SD Di Kecamatan Kampar Kiri


3498 views

Kampar Kiri-Menyadari miskonsepsi yang umum terjadi pada makna Kesiapan Bersekolah dan adanya Proses Transisi Paud ke SD, Bunda PAUD Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali bersama Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kampar  H. Aidil, SH, didampingi juga oleh Kabid Ketenagaan Admiral membuka Sosialisasi tentang Penguatan Transisi PAUD Ke SD yang menyenangkan bagi Guru TK dan Guru SD se-Kabupaten Kampar di Aula Gedung Koperasi Guru Kecamatan Kampar Kiri. Kamis,7/2/24

"Sosialisasi ini kita laksanakan agar para pendidik PAUD dan SD harus bisa mengenal dan memahami tentang target perubahan perilaku yang ingin dicapai melalui gerakan Transisi PAUD ke SD yang dimulai pada Tahun 2019 dan dapat lebih mengerti untuk memaknai penguatan Transisi ini sebagai bentuk pemenuhan hak anak" kata Ricana menyampaikan pengarahannya.

Ricana juga memaparkan bahwa Penguatan Transisi PAUD ke SD merupakan proses dimana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik di PAUD menjadi peserta peserta didik SD.

“Transisi yang efektif adalah saat anak tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian sebagai akibat dari perpindahannya.”papar Ricana

Disisi lain Ricana menjelaskan Pembelajaran harus mencerminkan pemahaman bahwa membangun kemampuan fondasi yaitu kematangan sosial emosional, kemampuan literasi dan numerasi dasar, serta kemampuan fondasi lainnya yang merupakan suatu proses bertahap dan berkelanjutan yang dibangun sejak PAUD hingga SD di kelas awal.

Dalam kegiatan ini Ricana yang juga Ketua Forum PAUD Kabupaten Kampar menggandeng seluruh Organisasi Mitra PAUD Kabupaten Kampar.

Turut berikan support  atas kegiatan ini, Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang Kota yang terwakilkan kepada Dr. Molly Wahyuni, S.Si, MPd, Lusiana Paluzi, M.Pd dari IGTKI Kabupaten Kampar dan Taufiq Wahyudisyah, SPd. M.Si Kasi Peserta Didik dan Pembangungan Karakter Paud dan PNF dari Dinas Dikpora Kabupaten Kampar selaku narasumber yang akan memaparkan terkait materi sosialisasi ini kepada para peserta yang terdiri dari Korwil, Kepala Sekolah dan Guru SD dari Kecamatan Kampar Kiri, Kampar Kiri Hilir dan Gunung Sahilan

Kemudian Bunda PAUD Kabupaten Kampar didampingi oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kampar lakukan penandatanganan komitmen ikut serta dalam mendukung penguatan Transisi Paud ke SD Yang Menyenangkan dan diikuti oleh seluruh peserta sebagai tanda dibukanya secara resmi Sosialisasi Penguatan Transisi PAUD Ke SD Yang Menyenangkan.

Hasil dari kegiatan ini nantinya peserta secara otomatis telah menjadi duta Transisi PAUD ke SD bagi Kecamatan masing-masing.(Diskominfo/EMS)

Artikel Terkait