13 Mei 2024

Buka Rakor Stunting Kampar, Pj. Bupati Kampar : Stunting Program Prioritas Dari Pemerintah Pusat Yang Harus Digesa Penyelesaiannya Di Tingkat Daerah.


3523 views

Bangkinang Kota, Pj. Bupati Kampar Hambali, SE, MH yang didampingi langsung oleh Pj.Sekda Kampar Drs. Yusri, M.Si yang juga merupakan Ketua TPPS Kabupaten Kampar beserta Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali, buka Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten untuk yang ke 4 (empat) kalinya Untuk Tahun Anggaran 2024, bertempat di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar pada Rabu (31/1).

Diikuti juga oleh seluruh Pimpinan OPD di Lingkungan Kabupaten Kampar, Camat se Kabupaten Kampar, Kepala Puskesmas se Kabupaten Kampar dan stekholder lainnya. 

Memberikan Arahan,  saran dan tanggapan terkait perkembangan dan data penanganan Stunting di Kabupaten Kampar, Hambali mengevaluasi terkait data dan metode yang ditetapkan dan diterapkan pada setiap Dinas maupun instansi terkait, dengan mengatur strategi percepatan penurunan stunting, penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, koordinasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan, serta pendanaan.

Kami meminta dan menghimbau kepada seluruh dinas dan stakeholder terkait untuk melakukan proses monitoring evaluasi setiap per satu bulan sekali.

"Pemerintah Kabupaten Kampar akan terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan Stunting. Permasalahan Stunting merupakan masalah prioritas dari tingkat pusat sampai daerah yang harus dituntaskan mengingat dampaknya yang sangat kompleks.  

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, TPPS beserta seluruh stakeholder harus bekerja cepat dan tepat dengan cara holistik, integratif dan berkualitas untuk penanganan stunting di Kabupaten Kampar" demikian ditegaskan Hambali.

Pj. Bupati Kampar juga menyarankan agar setiap Kepala Desa ikut berperan aktif dan dapat menyisihkan APBDes masing-masing desa untuk dipergunakan sebagai kegiatan intervensi terhadap kasus Stunting selain mencari dan menyediakan Bapak Asuh anak Stunting.

Diharapkan segala upaya bersama ini dapat berjalan lancar, sehingga angka percepatan penanganan stunting semakin membaik dan anak-anak di Kabupaten Kampar dapat tumbuh sehat dan berkembang pesat.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Ketua TPPS Kabupaten Kampar bahwa Kabupaten Kampar terdapat sebanyak 571 orang anak penderita Stunting yang tersebat di seluruh wilayah Kabupaten Kampar. (Diskominfo Kampar/EMS).

Artikel Terkait