21 Mei 2024

Percepatan Penurunan Stunting, Camat Kampar Kiri Beserta Ketua TP PKK Kecamatan Kampar Kiri Lakukan Lokakarya Mini. 


5411 views

Kampar Kiri - Permasalahan Stunting masih menjadi prioritas nasional hinggal Tahun 2024 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting. Stunting bukan hanya soal Kesehatan namun juga soal bidang lainnya seperti pola hidup, perekonomian, Pendidikan dan lain sebagainya

Untuk itu, Camat Kampar Kiri H.Marjanis, SE bersama ibu TP penggerak PKK kecamatan Kampar kiri Hj,Hermida, S.Pd melakukan lokakarya mini dalam rangka percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa lV Koto Setingkai Kecamatan Kampar kiri yang mana kegiatan ini di mulai dengan penimbangan, ukuran tinggi badan dan kesehatan balita dan anak-anak stunting oleh tim puskesmas lipatkain. Sabtu (2/12/2023). 

Dalam kesempatan tersebut, Camat Kampar Kiri H. Marjanis, SE menyampaikan bahwa percepatan penurunan stunting merupakan program nasional mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten , Kecamatan dan Desa sehingga program percepatan penurunan stunting di tahun 2024 kita harapkan menjadi Zero stunting di Kabupaten Kampar , Ini sesuai dengan arahan adab dan amanah dari Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE.MM." Kata Marjanis. 

Selanjutnya dalam arahannya kepada  kepala Desa berserta perangkat dan tokoh masyarakat  desa dirinya sampaikan bahwa mari kita sama sama untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan percepatan penurunan stunting, kemiskinan ekstrem yang ada di Desa.

Selanjutnya Camat Kampar kiri juga akan berupaya  untuk mencari perusahan sebagai bapak asuh untuk memberikan makanan tambahan dalam percepatan penurunan stunting di Kecamatan Kampar Kiri.

Dalam kesempatan tersebut Camat Kampar Kiri menyerahkan langsung paket bantuan dalam bentuk susu dan telur untuk anak anak yang stunting sebanyak 15 paket. 


Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Kampar kiri Hj. Hermida, S.Pd menyampaikan harapannya untuk saling memberikan perhatian terhadap upaya lanjutan dalam penanganan penurunan stunting di Desa IV Koto Setingkai yang merupakan lokus stunting dengan 15 kasus, ini di akibatkan kurang nya asupan gizi dan pola asuh kurang baik.

Untuk itu, Ketua TP PKK Kecamatan Kampar Kiri mengharapkan peran aktif PKK desa , Kader posyandu untuk  mengintensifkan posyandu dan Dasawisma , program PKK lainnya seperti pembuatan kebun dasawisma untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Kemudian Kapus Lipat Kain  mengatakan, penting nya kecukupan asupan gizi dan pola asuh yang baik dari hasil dari penimbangan , ukuran tinggi dan kesehatan dari 15 kasus stunting dapat di tekan menjadi 8 kasus yg menjadi perhatian kita bersama.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapus Lipat Kain, Pengurus PKK Kecamatan Kampar Kiri,Kepala Desa IV Koto Setingkai, Tim Penggerak PKK Desa lV Koto Setingkai, Bidan Desa, Kader Posyandu dan orang tua dari anak anak stunting (Diskominfo Kampar).

Artikel Terkait