10 Mei 2024

Kabar Baik Bagi Petani, Kampar Akan Miliki Pabrik Pupuk Bahan Baku Batu Bara. 


8116 views

Bangkinang Kota, Berbagai Audiensi telah diterima pada hari ini di Rumah Dinas Bupati Kampar oleh Pj. Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM, salah satunya adalah dari PT. Bursa Tani Futura Andita yang bergerak pada produksi Pupuk Batu Bara, yang diwakilkan oleh Amrin selaku Direktur Operasional bersama beberapa orang jajarannya, Rabu (27/9).

Seperti yang disampaikan pihak PT. BTFA ini kepada Pj. Bupati Kampar, ini adalah audiensi yang telah dilaksanakan untuk kali kedua, yang mana audiensi pertama dilaksanakan pada masa jabatan PJ. Bupati Kampar terdahulu. Namun audiensi kali ini lebih bertujuan menitik beratkan kepada permohonan akan percepatan terbitnya Izin Usaha Industri oleh Pemerintah Kabupaten Kampar atas beroperasinya Pabrik Pupuk Batu Bara yang berlokasi di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang, dikarenakan telah direncanakan akan mengadakan Launching pada 23 Oktober 2023 mendatang oleh Pj. Bupati Kampar.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Kampar yang dalam hal ini didampingi oleh Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Kampar Zulia Dharma, Kepala Dinas Perranian Kabupaten Kampar Nur Ilahi Ali dan Plt. Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kampar Idrus, katakan bahwa perizinan seyogjanya memang harus digesakan sebelum pabrik beroperasi dan bukan sebaliknya.

"Koordinasikan perihal Perizinan tersebut dengan dinas terkait yaitu Dinas PMPTSP Kabupaten Kampar, tuntaskan sebelum dilakukan Launching pada tanggal dan hari yang telah ditetapkan" demikian ditekankan Firdaus.

Firdaus juga kembali menekankan agar jika pabrik ini berdiri dan telah beroperasi hendaknya libatkan sumber daya manusia di sekitar lokasi pabeik berdiri sebagai untuk sinergi perusahaan dengan masyarakat setempat 

Pada audiensi ini Direktur Operasional PT  BTFA juga menjelaskan dan memaparkan tentang keberadaan dan perihal hasil produksinya. Dikatakannya bahwa pabrik yang dibangun ini adalah selaku produsen pupuk yang berasal dari Batu Bara. Diterangkannya, batu bara menurut jurnal internasional memiliki kandungan mineral sebanyak 73% yang telah diaktivasi dan dinilai sangat bagus dan bermanfaat kepada perbaikan lahan pertanian dan produktivitas pertanian sehingga dari segi perekonomian akan mampu mengangkat ekonomi masyarakat.

Dijelaskannya juga kepada Pj. Bupati Kampar bahwa pupuk batu bara memiliki kandungan unsur hara lengkap, karbon dan asam humat yang berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Diperoleh keterangan bahwa pupuk batubara ini telah memiliki hak paten sejak tahun 2016 di Indonesia dan Amerika. Seperti audiensi lainnya, pertemuan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan ditambah penyerahan modul keterangan produk Pupuk Batubara yang dapat digunakan untuk semua jenis tanaman. (Diskominfo/EMS)

Artikel Terkait