10 Mei 2024

Langsung Berikan Sosialisasi Gempur PAUD, Bunda Paud  Kampar: Pastikan Anak-Anak Bahagia dan Senang Untuk Bersekolah.


9229 views

Pongkai, Koto Kampar Hulu. Memulai kegiatan Monitoring dan Sosialisasi Gerakan Menuju Perubahan Paud (Gempur Paud) Kabupaten Kampar yang baru saja di Launching oleh Pj. Bupati Kampar beberapa hari lalu, pada hari ini Bunda Paud Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, MM turun langsung ke lapangan berikan sosialisasi tersebut pada dua Kecamatan sekaligus, Kamis (20/7).

Ada 4 (empat) sekolah yang diberikan pemahaman dalam sosialisasi ini 3 (tiga) Taman Kanak-Kanak yaitu TK. Tunas Suka Maju, KB Harapan Ibu, KB Pelangi dan 1 (satu) Sekolah Dasar yaitu SDN 013 Pongkai. Sekolah-sekolah ini berada di Kecamatan Koto Kampar Hulu yang merupakan Kecamatan pertama pada kunjungannya dan dipusatkan pelaksanaan sosialisasi tersebut di TK Tunas Suka Maju Desa Pongkai. 

Turut mendampingi Bunda Paud Kabupaten Kampar dan juga mendukung penuh GEMPUR PAUD ini Camat Koto Kampar Hulu Ahmad Begap beserta jajaran, Bunda Paud Kecamatan Koto Kampar Hulu, Bhabinkamtibmas Desa Pongkai, Kades Pongkai beserta jajaran dan tentu saja para orang tua peserta didik. Dan dari Kabupaten juga menurunkan Tim Gempur PAUD yang juga ikut mensosialisasikan gerakan ini Yakni Plh. Kabid PAUD dan PNF Disdikpora Kabupaten Kampar Taufiq Wahyudisyah, SPd. M.Si selaku Ketua Tim, Ketua Himpaudi Kabupaten Kampar Juli Mastuti Yusri, Ketua GOPTKI Kabupaten Kampar Dra. Atni Prawati Syahrizal, MED, Ketua IGTKI Kabupaten Kampar Lusiana Paluzi, MPd,  Pengurus Himpaudi Kabupaten Kampar,  Pengurus Pokja Bunda PAUD, Pengurus Forum PAUD, Pengurus PDGI Kabupaten Kampar dan beberapa organisasi mitra Paud.

Memberikan arahan sekaligus mensosialisasikan Gempur PAUD ini Bunda Paud Kabupaten Kampar berikan apresiasinya serta sangat terharu dan tampak rona bahagia dari wajahnya atas penyambutan oleh anak-anak TK yang juga disertai dengan pengalungan bunga dan nyanyian sorak sorai kegembiraan menyambut kedatangannya beserta rombongan.

"Program Gempur PAUD ini merupakan perpanjangan tangan dari Program Pemerintah Pusat tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang mengambil konsep Memastikan Transisi belajar dari Paud ke SD memang benar-benar menyenangkan bagi anak-anak. Memastikan anak-anak bahagia, senang dan tidak stres diajak sekolah itulah yang harus kita beri pemahaman kepada para pendidik, para orang tua dan anak-anak peserta didik, dan ini menjadi penyebab utama mengapa sosialisasi ini sangat perlu dilaksanakan" demikian dikatakan Yusi.

Yusi juga mengatakan bahwa pada pendidikan setara TK dan atau Paud anak-anak tidak diwajibkan untuk diberikan materi Baca, Berhitung, Menulis dan Berhitung yang kita kenal dengan Calistung. Ini hanya boleh bersifat pengenalan dengan menggunakan suatu media seperti buah-buahan dan lainnya yang mudah untuk difahami anak. Kemudian ditegaskannya lagi bahwa untuk masuk pendidikan jenjang SD tidak dibenarkan Sekolah untuk mengadakan Test Calistung untuk metoda penerimaan murid.

Disisi lain Plh. Kabid Paud dan PNF Dikpora Kabupaten Kampar juga memberikan sedikit materi pada sosialisasi ini dengan menerangkan bahwa apapun kondisi seorang anak yang telah menginjak usia 7 tahun berhak diterima untuk menimba ilmu di bangku SD atau sederajat. Pendidik harus lebih memberi keteladanan kepada anak-anak agar mereka mengerti tentang rasa hormat, cara berterima kasih dan cara meminta tolong, yang mana ini semua telah tertuang dalam 6 (enam) pondasi untuk transisi Paud ke SD yang menyenangkan.

Dalam kesempatan yang sama Camat Koto Kampar Hulu sampaikan ucapan terima kasih kepada Bunda Paud Kabupaten Kampar dan seluruh organisasi mitra Paud karena telah menggesa kegiatan ini dengan turun langsung memberikan sosialisasi kepada masyarakat pada umumnya.

Giat juga disertai dengan penyerahan Alat Peraga Edukatif (APE) dari Forum Paud Kabupaten Kampar kepada TK. Tunas Suka Maju yang diserahkan langsung oleh Bunda Paud Kabupaten Kampar yang juga selaku Ketua Forum Paud Kabupaten Kampar dan APE dari Himpaudi untuk KB. Harapan Ibu yang semuanya bertujuan membantu melengkapi alat belajar untuk anak-anak TK dan Paud. Bunda Paud juga berkenan bagi-bagi sikat gigi untuk anak-anak Paud. 

Selanjutnya Bunda Paud Kabupaten Kampar beserta rombongan berkenan lanjutkan kunjungan ke SDN 013 Pongkai Kecamatan Koto Kampar Hulu yang juga merupakan sekolah tujuan yntuk menerima Sosialisasi dan Monitoring GEMPUR PAUD, sembari bagikan Leflet tentang Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan sebagai media penyebarluasan pemahaman kepada masyarakat luas. (Diskominfo/EMS)

Artikel Terkait