25 Mei 2024

Usai Bina Pengrajin Tarai Bangun, Ketua umum Dekranasda Kampar Juga Kunjungi Batik Serunai Pandau Jaya Siak Hulu. 


Ketua umum Dekranasda Kampar Juga Kunjungi Batik Serunai Pandau Jaya Siak Hulu. 
9164 views

Pandau Jaya, Siak Hulu. Setelah kunjungi dan berikan pembinaan kepada Pengrajin Tenun Songket Kampar di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang, Ketua Umum  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, MM lanjutkan kunjungan dalam rangka pembinaan ke Pengrajin Batik Serunai Kampar di Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu, Selasa (11/7).

Masih bersama tim dari Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Kampar dan Bidang Ekraf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kampar datangi Rumah Produksi Batik Serunai Kampar milik ibu Ratnawati. Dirumah Produksi Batik Serunai Kampar tampak Kepala Desa Pandau Jaya beserta jajaran dan Ketua PKK Desa Pandau Jaya Beserta anggota menyambut kedatangan Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kampar beserta rombongan.

Sama halnya dengan rumah produksi Tenun Songket Kampar di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang, Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kampar juga melihat langsung hasil kerajinan Batik Serunai Kampar yang juga merupakan kembanggan Kabupaten Kampar,  dan sekaligus mencoba mempraktekan langsung pembuatan salah satu motif Batik Serunai pada kain.

Tidak jauh berbeda dengan apa yang telah disampaikan kepada ibu Erma Pengrajin Tenun Songket Kampar, Yusi juga sampaikan apresiasi dan kekaguman atas apa yang telah dilakukan oleh pengrajin Batik Seruni Kampar ini sehingga mampu menghasilkan motif-motif yang indah dan unik untuk menjadi sebuah kain batik yang layak untuk dipasarkan dan dibanggakan 

" Dekranasda Kabupaten Kampar akan membantu semaksimal mungkin dalam proses pengembangan usaha, pemasaran bahkan sampai pengurusan perizinan ataupun hak cipta yang tentunya akan bekerjasama dengan Dinas Perindag dan Ketenagakerjaan Kabupaten Kampar selaku instansi terkait" demikian dikatakan Yusi dalam arahannya.

Selaku Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kampar yang juga merupakan dewan pembina dari para pengrajin di Kabupaten Kampar, mengharapkan agar Batik Serunai Kampar berkembang tidak hanya menjadi industri rumahan saja, lebih dari itu mampu menjadi industri yang benar-benar diakui oleh daerah lain dan mendunia tentunya.

Dalam memberikan keterangannya ibu Ratnawati selaku pengrajin, Rumah Batik Serunai Kampar sudah berjalan selama 3 tahun dengan mempekerjakan 4 (empat) orang karyawati, memiliki 30 motif yang sudah dipasarkan. Rumah Batik Serunai tidak saja hanya memproduksi kain batiknya saja, lebih dari itu juga mampu mendesain menjadi pakaian jadi, dikarenakan Rumah Batik Serunai Kampar memiliki seorang Mardi yang merupakan Desainer handal. 

Dalam kunjungan ini pemilik sekaligus pengrajin Batik Serunai Kampar meminta Ketua Dekranasda Kabupaten Kampar berkenan untuk meresmikan Rumah Batik Serunai Kampar sebagai binaan dari Dekranasda Kabupaten Kampar yang ditandai dengam pemotongan kue tart, selanjutnya juga diserahkan uang binaan kepada pengrajin Batik Serunai Kampar oleh Ketua Umum Dekranasda Kabupaten Kampar sebagai bentuk perhatian dan dukungan dalam pengembangan usaha. (Diskominfo Kampar /EMS)

Artikel Terkait