25 Mei 2024

Zoom Meeting terkait Sosisalisasi Percepatan Capaian Pendidikan Bersama Menkomarvest , Mendagri, Kemendikbud. 


8597 views

Pj Bupati Kampar : Kampar Telah lakukan Pelatihan Numerasi Gasing di beberapa SD dan Guru di Kampar. 

Pekanbaru, Pj Bupati Kampar, Dr.H.Kamsol.MM mengikuti acara Zoom Meeting Sosialisasi Tentang Percepatan Capaian Pendidikan Numerasi SD Di Daerah yang diikuti dari menara gedung Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru, Kamis (4/5) 

Turut hadir dalam Zoom Meeting Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, BA., MA., Ph.D., Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Prof. Dr. Nunuk Suryani,M.Pd, dan  Prof. Yohanes Surya Ph.D 

Dalam penyampaian Menko Luhut Binsar Pandjaitan 101 PJ Daerah yg mengikuti zoom kali ini dan sekaligus membuka pertemuan Zoom meeting terkait sosialisasi tentang percepatan capaian pendidikan numerasi SD di daerah, Pj. Bupati/Wali kota se Indonesia di wajibkan untuk mengadopsi atau bekerja sama untuk memperbaiki dan mendorong percepatan literasi masalah matematika untuk anak-anak seluruh Indonesia. 

Dalam program Gasing (Gampang, Asik dan Menyenangkan) yang di sampaikan dalam program Gasing ini Kita harus masuk ke dunia anak dan mengajar dengan senang hati harus terjadi keharmonisasi antara guru dan siswa, gasing juga menjaga keseimbangan otak kiri dan otak kanan anak , dan gasing juga banyak menggunakan metode pembelajaran mencongkak. 

Dikatakan Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM bahwa beberapa waktu lalu kita telah melakukan pelatihan metode Gasing dan telah lakukan pelatihan kepada guru yang siap lagi menjadi pelatih bagi guru - guru lain " Kata Kamsol. 

Kampar siapkan Sukseskan program pendidikan dengan numerasi Gasing di SD DI Kampar" Tambah Pj Bupati Kampar yang didampingi oleh Asisten II Setda Kampar Suhermi, ST. 

Dari tiap kabupaten menyiapkan 32 guru terbaik dan kota latih selama 2 minggu yang dinamakan benih GASING. 

Dirjen GTK. Prof. Dr. Nunuk Suryani,M.Pd  menyampaikan Literasi matematika (numerasi) merupakan kemampuan bernalar secara matematis melalui aktivitas merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matemalika untuk menyelesaikan masalah di berbagai konteks dunia nyata yang mana Numerasi adalah kemampuan untuk bernalar dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah dalam berbagai konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Literasi matematika juga mencakup pemahaman dan apresiasi terhadap pentingnya matematika dalam membuat penilaian dan keputusan yang logis dan berdasarkan bukti 

Kompetensi literasi-numerasi, karakter, dan lingkungan pembelajaan Pengukuran kompetensi literasi dan numerasi pada peserta didik Asesmen berfokus pada pengembangan daya nalar dibanding pengetahuan konten Pengukuran terhadap kualitas pembelajaran, refleksi pendidik, perbaikan praktik belajar, iklim keamanan dan inklusivitas satuan pendidikan, dan latar belakang keluarga peserta didik Dasar untuk diagnosis masalah dan perencancan perbaikan. (DISKOMINFO/WEF)

Artikel Terkait